Pendekatan Pembelajaran CTL Hery Belajar dan Pembelajaran |
PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL)
ü CTL(Contextual Teaching and Learning) adalah sebuah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
ü CTL ini merupakan metode pembelajaran baru yang menuntut keaktifan guru dan siswa atau menuntun siswa untuk menemukan sendiri kandungan materi pelajaran dengan pengalamannya sendiri.
ü Motto CTL: Student Learn Best By Actively Constructing Their Own Understanding (Cara belajar terbaik siswa adalah mengkonstruksi pemahamannya sendiri secara aktif).
ü Sintaks Pembelajaran Kontekstual:
1. Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
2. Lakukan sejauh mungkin kegiatan inquiry untuk semua topik.
3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
4. Ciptakan masyarakat belajar(belajar dalam kelompok-kelompok)
5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran.
6. Lakukan refleksi di akhir pertemuan.
7. Lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara(tidak hanya dengan test).
ü Kata kunci pembelajaran CTL:
Pengalaman nyata
Berpikir tingkat tinggi
Berpusat pada siswa
Siswa aktif, kritis, dan kreatif
Pengetahuan bermakna dalam kehidupan
Dekat dengan kehidupan nyata
Siswa Praktek, bukan mengkhayal
Learning, bukan teaching
ü Tugas Guru dalam model pembelajaran CTL adalah membantu siswa mencapai tujuan belajar, guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja sama untuk menemukan pengetahuan dan keterampilan mereka sendiri.
ü 7 Komponen CTL:
1. CONSTRUCTIVISM (KONSTRUKTIVISME)
2. INQUIRY (MENEMUKAN)
3. QUESTIONING (BERTANYA)
4. LEARNING SOCIETY (MASYARAKAT BELAJAR)
5. MODELING (PEMODELAN)
6. REFLECTION (REFLEKSI)
7. AUTHENTIC ASSESMENT (PENILAIAN YANG SEBENARNYA)
ü Beda Pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional:
No | PENDEKATAN CTL | PENDEKATAN KONVENSIONAL |
1 | Siswa aktif terlibat | Siswa penerima informasi |
2 | Belajar kelompok/kerja sama | Belajar individual |
3 | Berkaitan dengan kehidupan nyata | Abstrak dan teoritis |
4 | Perilaku dibangun atas kesadaran diri | Perilaku dibangun atas kebiasaan |
5 | Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman | Keterampilan dikembangkan atas dasar latihan |
6 | Memperoleh kepuasan diri | Memperoleh pujian atau nilai saja |
7 | Pemahaman rumus relative berbeda | Rumus adalah kebenaran absolute |
8 | Penghargaan terhadap pengalaman siswa sangat diutamakan | Pembelajaran tidak memperhatikan pengalaman |
9 | Perilaku baik berdasarkan motivasi intrinsik | Perilaku baik berdasarkan motivasi ekstrinsik |
10 | Hasil belajar diukur dengan prinsip Alternative Assessment | Hasil belajar hanya diukur dengan tes. |
Sumber: http://www.scribd.com/doc/3951685/pendekatan kontekstual-dalam pembelajaran; http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/pembelajaran-kontekstual/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar