Rabu, 06 April 2011

PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL)



Pendekatan Pembelajaran CTL

Hery

Belajar dan Pembelajaran




PEMBELAJARAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL)
ü CTL(Contextual Teaching and Learning) adalah sebuah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
ü CTL ini merupakan metode pembelajaran baru yang menuntut keaktifan guru dan siswa atau menuntun siswa untuk menemukan sendiri kandungan materi pelajaran dengan pengalamannya sendiri.
ü Motto CTL: Student Learn Best By Actively Constructing Their Own Understanding (Cara belajar terbaik siswa adalah mengkonstruksi pemahamannya sendiri secara aktif).
ü Sintaks Pembelajaran Kontekstual:
1.     Kembangkan pemikiran bahwa anak akan belajar lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri, menemukan sendiri, dan mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya.
2.     Lakukan sejauh mungkin kegiatan inquiry untuk semua topik.
3.     Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.
4.     Ciptakan masyarakat belajar(belajar dalam kelompok-kelompok)
5.     Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran.
6.     Lakukan refleksi di akhir pertemuan.
7.     Lakukan penilaian yang sebenarnya dengan berbagai cara(tidak hanya dengan test).
ü Kata kunci pembelajaran CTL:
*     Pengalaman nyata
*     Berpikir tingkat tinggi
*     Berpusat pada siswa
*     Siswa aktif, kritis, dan kreatif
*     Pengetahuan bermakna dalam kehidupan
*     Dekat dengan kehidupan nyata
*     Siswa Praktek, bukan mengkhayal
*     Learning, bukan teaching
ü Tugas Guru dalam model pembelajaran CTL adalah membantu siswa mencapai tujuan belajar, guru mengelola kelas sebagai sebuah tim yang bekerja sama untuk menemukan pengetahuan dan keterampilan mereka sendiri.
ü 7 Komponen CTL:
1.     CONSTRUCTIVISM (KONSTRUKTIVISME)
2.     INQUIRY (MENEMUKAN)
3.     QUESTIONING (BERTANYA)
4.     LEARNING SOCIETY (MASYARAKAT BELAJAR)
5.     MODELING (PEMODELAN)
6.     REFLECTION (REFLEKSI)
7.     AUTHENTIC ASSESMENT (PENILAIAN YANG SEBENARNYA)
ü Beda Pendekatan CTL dengan pendekatan konvensional:
No
PENDEKATAN CTL
PENDEKATAN KONVENSIONAL
1
Siswa aktif terlibat
Siswa penerima informasi
2
Belajar kelompok/kerja sama
Belajar individual
3
Berkaitan dengan kehidupan nyata
Abstrak dan teoritis
4
Perilaku dibangun atas kesadaran diri
Perilaku dibangun atas kebiasaan
5
Keterampilan dikembangkan atas dasar pemahaman
Keterampilan dikembangkan atas dasar latihan
6
Memperoleh kepuasan diri
Memperoleh pujian atau nilai saja
7
Pemahaman rumus relative berbeda
Rumus adalah kebenaran absolute
8
Penghargaan terhadap pengalaman siswa sangat diutamakan
Pembelajaran tidak memperhatikan pengalaman
9
Perilaku baik berdasarkan motivasi intrinsik
Perilaku baik berdasarkan motivasi ekstrinsik
10
Hasil belajar diukur dengan prinsip Alternative Assessment
Hasil belajar hanya diukur dengan tes.
Sumber: http://www.scribd.com/doc/3951685/pendekatan kontekstual-dalam pembelajaran; http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/29/pembelajaran-kontekstual/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer